Tuesday, April 26, 2016

Jenis Hewan dengan Sistem Pertahanan yang Unik

Seperti manusia, hewan juga membutuhkan makan dan perlindungan ketika menghadapi bahaya yang dapat mengacam keselamatan jiwanya. Setiap mahluk hidup memang memiliki berbagai cara untuk bertahan hidup dan melakukan perlawanan terhadap musuhnya. Berkaitan dengan terdapat berbagai cara unik yang dilakukan hewan tertentu dalam sistem pertahanan diri yang sangat unik. Lantas hewan apa saja yang memiliki sistem pertahanan yang unik? Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

Inilah Beberapa Jenis Hewan dengan Sistem Pertahanan yang Unik

Semut Meledak
Hewan pertama yang memiliki sistem pertahanan yang unik adalah semut meledak. Semut meledak atau dalam bahasa latin di kenal dengan nama Malaysia Ant. Hewan yang satu ini memiliki sistem pertahanan diri yang sangat unik. Ketika saat merasa terancam dengan kondisi sekitar maka jalan satu-satunya hal yang akan dilakukan adalah dengan meledakkan diri. Semut meledak ini akan menunggu musuhnya dengan jarak yang begitu dekat dengan tujuan musuhnya akan merasakan ledakan yang akan ditimbulkan. Dalam ledakan tersebut semut ini akan mengeluarkan kelenjar-kelenjar yang berisi racun di dalam tubuhnya. Dari racun itulah ia melumpuhkan predator atau musuhnya.

Teripang Laut
Hewan yang memiliki sistem pertahanan yang unik selanjutnya adalah teripang laut. Sistem pertahanan teripang laut ini sendiri adalah memiliki tubuh yang sangat fleksibel. Dimana dalam kondisi tertentu maka tubuhnya akan dapat mengeras dan lunak tergantung situasi yang terjadi disekelilingnya. Teripang laut sama seperti hewan laut yang berduri lainnya yang mana memiliki kolagen pada kulit yang berfungsi dapat menyerap atau mengeluarkan lebih banyak air yang digunakan untuk mengubah bentuk tersebut. Selain itu sistem pertahan yang dimiliki teripang laut lainnya adalah memiliki racun dari saluran pencernaan ketika melakukan fase tubuh yang berubah-ubah.

Oposum
Oposum atau jenis hewan yang hampir mirip seperti tupai yang memiliki wajah yang sangat lucu ini ternyata memiliki trik yang sangat unik dan defensif untuk melindungi diri saat merasa dalam kondisi berbahaya. Dimana sistem pertahanan diri yang dimiliki oleh oposum adalah ketika merasa dalam kondisi yang berbahaya maka ia akan berpura-pura mati dan dapat mengeluarkan semacam cairan busa yang berasal dari dalam mulut yang bertujuan untuk menambah tingkat keyakinan bahwa dirinya telah mati karena keracunan. Ternyata bukan cukup hanya itu saja, oposum juga akan mengeluarkan cairan hijau dari anusnya yang memiliki bau sangat busuk seperti bangkai. Nah itulah yang menjadi sitem pertahanan oposum untuk mengelabuhi mangsanya.

Kadal Bertanduk
Hewan yang memiliki sistem pertahanan yang sangat unik selanjutnya adalah kadal bertanduk. Kadal jenis ini juga sama seperti jenis kadal lainnya yang pertama kali ditemukan di kawasan Amerika Serikat. Meskipun namanya kadal bertanduk bukan berarti kadal ini memiliki tanduk dan tidak menggunakan tanduk untuk menyerang. Melainkan kadal akan menekan tongga sinusnya sampai pembuluh darah di matanya pecah dan menyiram penyerangnya dengan darah yang keluar dari matanya.

Kumbang Penembak
Kumbang penembak merupakan jenis hewan yang memiliki sistem pertahanan  tubuh yang sangat unik. Dimana jika kumbang ini merasa tertekan maka secara langsung akan menembakkan cairan kimia yang panas dan beracun ke arah langsung predator yang membuat dirinya terancam.

Demikian penjelasan menganai jenis hewan yang memiliki sistem pertahanan yang sangat unik yang jarang dimiliki oleh jenis hewan lainnnya. 
Baca juga 

Cara mengeriting rambut ala korea
Jenis dan cara mengobati vetrigo Paling Ampuh
http://bisnisi.com/memahami-pengertian-dan-sistem-bisnis-waralaba/
http://bisnisi.com/strategi-sukses-usaha-cuci-motor-untuk-pemula
http://bisnisi.com/usaha-sampingan-modal-kecil-untuk-karyawan/
http://bisnisi.com/ide-bisnis-rumahan-tanpa-modal-yang-menguntungkan
http://bisnisi.com/peluang-usaha-kecil-menengah-yang-potensial/
http://bisnisi.com/tips-memulai-bisnis-properti-pemula/ 

No comments:

Post a Comment