Thursday, April 14, 2016

Penyebab Penyakit Rematik atau Asam Urat Tinggi

Penyakit asam urat atau rematik merupakan salah satu bentuk peradangan yang terjadi pada bagian persendian. Seseorang yang mengalami penyakit yang satu ini tentu akan merasakan rasa yang sangat sakit pada bagian persendian tulang seperti pada kaki, tangan dan bagian tubuh lainnya. Biasanya penyakit ini sering kali dialami oleh seseorang yang sudah lanjut usia namun tidak menutup kemungkinan juga dapat dialami oleh mereka yang masih usia muda. Tentu hal ini dapat terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor yang menjadi pemicunya diantaranya terjadinya penumpukan senyawa  yang berasal dari protein purin. Penumpukan protein purin ini sering kali dipicu karena faktor makanan. Semakin banyak Anda mengonsumsi makanan yang mengandung purin maka tubuh akan merasakan nyeri atau sakit terutama pada bagian persendian.

Memang banyak faktor yang dapat menjadi salah satu penyebab seseorang memiliki asam urat atau rematik tinggi. Salah satunya yaitu karena faktor makanan yang dikonsumsi sehari-hari yang banyak mengandung purin. Oleh karena itulah banyak yang menganjurkan untuk dapat mengurangi mengonsumsi makanan- makanan yang mengandung purin. Sedangkan untuk mengetahui tingkat asam urat sendiri dapat diketahui dengan cara melakukan pemeriksaan darah. Ketika kadar asam urat dinyatakan tinggi apabila lebih dari 7mg% pada laki-laki sedangkan untuk wanita lebih dari 6mg% pada perempuan. Jika Anda telah dinyatakan memiliki kadar asam urat yang tinggi maka sebaiknya Anda mengontrol asupan makanan Anda setiap hari usahakan jangan mengonsumsi makanan yang mengandung purin. Selain karena faktor makanan, terdapat beberapa penyebab lainnya diantaranya sebagai berikut.

Inilah Beberapa Penyebab Asam Urat atau Rematik Tinggi

Dehidrasi
Dehidrasi merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan seseorang memiliki penyakit asam urat ataupun rematik. Hal ini dikarenakan ketika tubuh mengalami dehidrasi maka akan membuat kemampuan ginjal dalam membuang kelebihan asam urat dalam tubuh menjadi terganggu. Maka oleh karena itulah asam urat akan semakin bertambah tinggi di dalam tubuh. Untuk menghindari hal itu terjadi alangkah baiknya jangan biarkan tubuh mengalami dehidrasi. Minumlah air minimal 8 gelas air putih setiap harinya.

Makanan Mengandung Purin
Seperti pada penjelasan di atas faktor utama penyebab asam urat atau rematik yaitu karena disebabkan oleh faktor makanan yang mengandung purin. Kandungan purin merupakan bahan yang terkandung secara alami dalam jenis makanan tertentu yang akan di proses oleh tubuh menjadi asam urat. Untuk jenis makanan yang mengandung purin sendiri diantaranya adalah daging kambing, daging sapi, jeroan, kerang, teri dan masih banyak lagi lainnya. Nah bagi Anda yang sudah dinyatakan memiliki asam urat usahakan untuk menghindari makanan tersebut.

Makanan Berlemak
Bukan hanya makanan yang mengandung purin saja yang bisa menyebabkan asam urat tapi juga bisa disebabkan karena makanan yang mengandung lemak. Lemak yang masuk dalam tubuh bisa menjadi penghambat ekskresi asam urat melalui urin. Adapun jenis mengandung lemak adalah makanan yang di goreng, makanan santan, margarine dan juga mentega. Jika Anda tidak ingin memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh sebisa mungkin untuk mengontrol lemak tubuh dengan baik yaitu dengan menghindari makanan yang mengandung lemak. Selain itu juga diimbangi dengan melakukan olahraga secara rutin setiap hari.
Demikian penjelasan mengenai penyebab asam urat atau rematik dalam tubuh yang dapat Anda ketahui.

Baca juga 
http://aduba.co/daftar-senapan-serbu-tni-dari-produksi-rusia-as-hingga-pindad.
http://aduba.co/peralatan-outdoor-buatan-indonesia.
http://aduba.co/5-tips-membeli-laptop-berkualitas.
http://aduba.co/cara-cepat-menaikan-berat-badan-bayi.
http://aduba.co/ciri-ciri-penyakit-jantung-yang-perlu-diwaspadai.
http://aduba.co/daftar-perlengkapan-ibu-melahirkan-yang-harus-disiapkan.
http://aduba.co/tips-program-hamil-anak-kembar-secara-alami-dan-medis.

No comments:

Post a Comment